Sabtu, 11 Desember 2010

METODE KEPRAMUKAAN


I.                    PENDAHULUAN
Metode ialah suatu cara/teknik untuk mempermudah tercapainnya tujuan kegiatan.

II.                  MATERI POKOK
1.       Metode Kepramukaan
Cara memberikan pendidikan watak kepada peserta didik melalui kegiatan kepramukaan yang menarik, menyenangkan dan menantang, yang disesuaikan kondisi, situasi dan kegiatan peserta didik.

2.      Metode kepramukaan merupakan cara belajar progresif melalui :
a.       Pengamalan kode kehormatan pramuka
b.      Belajar sambil melakukan
c.       Sistem kelompok
d.      Kegiatan yang menantang dan meningkat serta mengandung pendidikan yang sesuai dengan perkembangan rohani dan jasmani peserta didik.
e.      Kegiatan di alam terbuka
f.        Sistem tanda kecakapan
g.      Sistem satuan terpisah untuk putera dan puteri
h.      Sistem among

3.       Penjelasan masing-masing unsur sebagai anak sistem metode kepramukaan :
a.       Pengamalan Kode Kepramukaan
Kode kehormatan dilaksanakan dengan :
1)      Menjalankan ibadah menurut agama dan kepercayaan masing-masing
2)      Membina kesadaran berbangsa dan bernegara
3)      Mengenal, memelihara dan melestarikan lingkungan beserta alam seisinya
4)      Memiliki sikap kebersamaan
5)      Hidup secara sehat jasmani dan rohani
6)      Bersikap terbuka, mematuhi kesepakatan dan memperhatikan kepentingan bersama, membina diri dalam upaya bertutur kata dan bertingkah laku sopan, ramah dan sabar
7)       Membiasakan diri memberikan pertolongan, berpartisipasi dalam kegiatan bakti/sosial, dan mampu mengatasi tantangan tanpa mengenal sikap putus asa
8)      Kesediaan dan keikhlasan menerima tugas, berupa melatih keterampilan dan pengetahuan, riang gembira dalam menjalankan tugas menghadapi kesulitan maupun tantangan
9)      Bertindak dan hidup secara hemat, teliti dan waspada dengan membiasakan hidup secara bersahaja
10)  Mengendalikan dan mengatur diri, berani menghadapi tantangan dan kenyataan, berani mengakui kesalahan, memegang teguh prinsip dan tatanan yang benar dan taat terhadap aturan/kesepakatan
11)   Membiasakan diri menepati janji dan bersikap jujur

b.      Belajar sambil melakukan
Belajar sambil melakukan, dilaksanakan dengan :
1)      Kegiatan kepramukaan dilakukan sebanyak mungkin praktek secara praktis
2)      Mengarahkan perhatian peserta didik untuk berbuat hal-hal yang nyata menantang, serta merangsang agar rasa keingintahuan akan hal-hal baru dan keinginan untuk berpartisipasi dalam segala kegiatan timbul, dari pada hanya menjadi penonton

c.       Sistem Berkelompok
1)      Sistem berkelompok dilaksanakan agar peserta didik memperoleh kesempatan belajar memimpin dan dipimpin berorganisasi, memilkul tanggungjawab, mengatur diri, menempatkan diri, bekerja sama dalam kerukunan (gotong royong)
2)      Peserta didik dikelompokan dalam satuan gerak yang dipimpin oleh mereka sendiri, dan merupakan wadah kerukunan diantara mereka

d.      Kegiatan yang menantang dan meningkat serta mengandung pendidikan yang sesuai dengan perkebangan jasmani dan rohani peserta didik.
Pelaksanaan metode dilakukan dengan :
1)      Kegiatan kepramukaan harus menantang dan menarik minat kaum muda, untuk menjadi Pramuka, sedangkan mereka telah menjadi Pramuka tetap terpikat dan mengikuti serta mengembangkan acara kegiatan yang ada
2)      Kegiatan kepramukaan bersifat kreatif, inovatif dan rekreatif yang mengandung pendidikan
3)      Kegiatan dilaksanakan secara terpadu
4)      Pendidikan dalam kepramukaan dilaksanakan dalam tahapan peningkatan bagi kemampuan dan perkembangan individu maupun kelompok
5)      Materi kegiatan kepramukaan disesuaikan dengan usia dan perkembangan jasmani dan rohani peserta didik
6)      Kegiatan kepramukaan diusahakan agar dapat mengembangkan bakat, minat dan emosi peserta didik serta menunjang dan berfaedah bagi perkembangan diri pribadi, masyarakat dan lingkungannya.

e.      Kegiatan di Alam Terbuka
1)      Kegiatan di alam terbuka memberikan pengalaman adanya saling ketergantungan antar unsur-unsur alam dan kebutuhan untuk melestarikannya, selain itu mengembangkan suatu sikap bertanggungjawab akan masa depan yang menghormati keseimbangan alam
2)      Kegiatan di alam terbuka memotivasi peserta didik untuk ikut menjaga lingkungannya dan setiap kegiatan hendaknya selaras dengan alam
3)      Kegiatan di alam terbuka mengembangkan :
-          Kemampuan diri mengatasi tantangan yang dihadapi
-          Menyadari bahwa tidak ada sesuatu yang berlebihan di dalam dirinya
-          Menemukan kembali cara hidup yang menyenangkan dalam kesederhanaan
-          Membina kerja sama dan rasa memiliki

f.        Sistem Tanda Kecakapan
1)      Tanda kecakapan adalah tanda yang menunjukan kecakapan dan keterampilan tertentu yang dimiliki seorang peserta didik
2)      Sistem tanda kecakapan bertujuan mendorong dan merangsang para Pramuka supaya selalu berusaha memperoleh kecakapan dan keterampilan
3)      Setiap Pramuka wajib berusaha memperoleh keterampilan dan kecakapan yang berguna bagi kehidupan diri dan baktinya kepada masyarakat
Tanda kecakapan yang disediakan untuk peserta didik ialah :
-          Tanda Kecakapan Umum (TKU) yang diwajibkan untuk dimiliki oleh peserta didik
-          Tanda Kecakapan Khusus (TKK) yang disediakan dimiliki oleh peserta didik, sesuai dengan minat dan bakatnya
-          Tanda Pramuka Garuda (TPG)
4)      Tanda Kecakapan : TKU, TKK, dan TPG diberikan setelah menyelesaikan ujian-ujian SKU maupun SKK dan SPG

g.      Sistem Satuan Terpisah untuk Putera dan Puteri
1)      Satuan Pramuka Puteri dibina oleh Pembina Puteri, satuan Pramuka Putera dibina oleh Pembina Putra
2)      Perindukan Siaga Putera dapat dibina oleh Pembina Puteri
3)      Jika kegiatan diselelnggarakan dalam bentuk perkemahan harus dijamin dan dijaga agar tempat perkemahan Puteri dan tempat perkemahan Putera terpisah;perkemahan puteri dipimpin oleh Pembina puteri dan perkemahan puterai dipimpin oleh Pembina putera

h.      Sistem Among
Dalam kegiatan kepramukaan Pembina Pramuka wajib melaksanakan prinsip-prinsip :
1)     ING NGARSO SUNG TULODO    :             Di depan menjadi teladan
2)     ING MADYA MANGUN KARSO  :             Di tengah membangun kemauan
3)     TUT WURI HANDAYANI             :  Dari belakang member daya/kekuatan, atau dorongan dan pengaruh yang baik kearah kemandirian
4.      Pelaksanaan Metode Kepramukaan
a.       Metode kepramukaan pada hakekatnya tidak dapat dilepaskan dari prinsip dasar kepramukaan
b.      Metode kepramukaan sebagai suatu sistem terdiri atas unsure-unsur Pengamalan Kode Kehormatan, Belajar sambil melakukan, Sistem Berkelompok, Kegiatan yang menantang, Kegiatan di alam terbuka, Sistem tanda kecakapan, Sistem satuan terpisah untuk putera dan untuk puteri dan Sistem Among, yang merupakan sub system terpadu dn terkait yang tiap-tiap unsurnya mempunyai unsur pendidikan yang spesifik dan saling memperkuat serta menunjang tercapainya tujuan

III.                PENUTUP
1.       Pelaksanaan metode kepramukaan dalam suatu kegiatan kepramukaan terpadu dengan pelaksanaan prinsip dasar kepramukaan, sehingga dalam penerapan/penggunaan metode kepramukaan selalu dijiwai oleh prinsip dasar kepramukaan
2.      Metode kepramukaan merupakan cirri khas pendidikan dalam Gerakan Pramuka

IV.               DAFTAR PUSTAKA
1.       AD/ART Gerakan Pramuka (Kepres RI No. 104 tahun 2004 dan Kep.Ka.Kwarnas No. 086 tahun 2005). Kwarnas, Jakarta, 2005.
2.      De Porter, Bobby – Mike Hemacki, (Quantum Learning)
3.       Scouting An Educational System. WBS, Geneva

Tidak ada komentar:

Posting Komentar