Sabtu, 06 November 2010

KEGIATAN PRAMUKA DIPASIRJAMBU PERLU DITINGKATKAN

Oleh Kak Ayi Suhendar

Pramuka ( Praja Muda karana ) begitu orang selalu menyebutnya. Nama pramuka selalu melekat di setiap gugus depan - gugus depan disekolah-sekolah SD/MI/SMP/MTs maupun ditingkat SMA dan SMK bahkan ditingkat Universitas pramuka hadir sebagai organisasi kepanduan yang bertujuan membentuk watak tunas-tunas bangsa menjadi yang terbaik.

Tingkatannya pun beragam ada anggota pramuka Siaga (S), Penggalang (G), Penegak (T), Pandega (D) dan Pembina, semua disusun serinci mungkin yang disesuikan dengan usia peserta didik masing-masing, kegiatannya pun seabreg banyaknya, mulai dari latihan tepuk pramuka, menyanyi, KIM, Berkemah, pengetahuan, PBB, Sejarah, Sandi, Simpul dan ikatan, Morse, Panorama, menaksir, Bakti Sosial, Kreasi seni dan Budaya dan lain-lain……

Kegiatan pramuka itu mudah, meriah dan murah sekali banyak orang yang bilang ikutan pramuka itu membutuhkan biaya yang banyak. Kata siapa ?, kalau kita tahu isi dari Tri Satya dan Dasa Dharma disana begitu rinci dijelaskan bagaimana pramuka itu………

Bahkan jika kita simak kutipan lagu dibawah ini, sederhana tapi bermakna ;

Apa guna keluh kesah
Apa guna keluh kesah
Pramuka tidak pernah susah
Apa guna keluh kesah

Dipramuka kita belajar untuk mandiri, disiplin, bertanggungjawab baik pada diri sendiri, keluarga, sekolah dan masyarakat serta banyak yang telah berhasil dengan ikut pramuka……… karena apa…..karena pramuka mengajarkan dan mendidik tunas-tunas bangsa untuk selalu bersemangat, mencurahkan segenap kemampuan, kretif, disiplin, dan bertanggungjawab mendidik kita untuk selalu berhasil dalam segi apapun.

Nah mari kita bersama-sama bersatu untuk menyatukan persamaan dan mengembangkan kegiatan pramuka dilingkungan kita untuk lebih baik lagi demi kemajuan generasi kita selanjutnya, tak perlu kita mencari dan memperdebatkan perbedaan siapa dia, orang mana, mau apa, golongannya berbeda dan bagaimana tapi mari kita satukan persepsi, tujuan dan tekad untuk kembangkan kegiatan pramuka di Pasirjambu.

Ingat seperti kata diatas pramuka itu Mudah Meriah dan Murah
Mudah karena semua aturan dan tujuanya pun jelas bahkan Undang-undang pramuka pun saat ini sudah disahkan

Meriah karena kegiatan pramuka merupakan suatu kegiatan permainan yang mengandung pendidikan tak perlu biaya yang banyak karena bisa dilaksanakan dimana saja dan kapan saja dengan penuh kegembiraan.
Murah apapun yang ada dialam dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pramuka, karena dipramuka diajarkan bagaimana kita bisa memanfaatkan apapun yang sederahana menjadi berguna dan mendidik.
Sekali lagi mari kita sama-sama eratkan tangan, bersatu bangkit kembali untuk mengharumkan nama baik wilayah pasirjambu dalam bidang kepramukaan, tidak ada yang tidak bisa selama kita mau berusaha dan bersatu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar