Rabu, 30 Maret 2011

PRAMUKA DAN ALAM

Oleh Kak Sofwah T
Dalam butir dasa dharma yang merupakan kode kehormatan bagi anggota pramuka disebutkan bahwa( Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia) sebagai satu dari bhakti seorang pramuka dari bakti lainnya.
Alam merupakan unsur yang tak bisa makhluk hidup lepaskan, walaupun hanya sehari. Unsur-unsur alam memiliki kesatuan utuh, yang kesemuanya saling bergantung. Alam adalah sumber kelangsungan hidup dan kehidupan. Bayangkan bila adanya hamparan gunung tanpa adanya air. Maka tak akan ada pepohonan. Bila adanya air tanpa adanya gunung pun, maka bencanalah jadinya.
Alam harus dijaga, dipelihara dan dilindungi, itu semua adalah tugas kita. Karena kita adalah bagian dari alam, maka harus menjaga  seluruh aspek alam. Menumbuhkan kembali ekosistem, menjaga sumber mata air, dan menjaga alam dari kerusakan dengan penanaman pohon.
Ingatlah bahwa alam bukan warisan nenek moyang, akan tetapi titipan anak cucu. Selamatkanlah dan peliharalah alam ini dengan mengubah perilaku, paradigma, dan membangun kesadaran dengan melakukan tindakan aktif di lingkungan sekitar kita. Mulailah dari hal kecil, seperti menghemat air. Mungkin kebanyakan orang tidak menyadari hal ini: menyikat gigi selama 1 menit dengan menggunakan air kran menghabiskan sedikitnya 6Lt air, sedangkan dengan air dalam gelas hanya membutuhkan 1/2Lt,atau rmencuci kendaraan selam 30 menit dengan menggunakan air dari selang menghabiskan 300Lt sedangkan dengan air dalam ember hanya menghabiskan 180Lt. Bukankah selama ini kita menghabiskan air dengan sia-sia ?
Dari menghemat air kita bisa melanjutkan dengan program yang lebih besar seperti penanaman pohon, seperti apa yang banyak dilakukan lembaga ataupun kumpulan pecinta alam beberapa bulan kemarin, yakni gerakan penghijauan dengan menanam seribu pohon. Hal ini merupakan suatu tindakan perlindungan terhadap alam karena pohon berguna untuk menyerap polusi udara dan menyerap gas CO2  yang akan mengurangi pemanasan global.
Apalagi dengan menyadari bahwa alam Indonesia yang tropis ini adalah alam yang memiliki  banyak potensi keindahan. Sebagai jamrud khatulistiwa dan surganya wisata. Maka penjagaanya pun harus lebih intensif. Mari mencintai alam ..............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar